Sabtu, 07 Januari 2012

APLIKASI I T DALAM DOKUMENTASI KEPERAWATAN

Computerized nursing documentation adalah suatu modul keperawatan yang dikombinasikan dengan system computer rumah sakit kestaf perawat. Dengan sistem yang terkomputerisasi ini perawat dapat melakukan akses ke laboratorium radiologi, fisioterapi, dandisiplin yang lain, Seperti ahli gizi, fisioterapi, dan disiplin ilmu lain seperti ahli gizi, fisioterapis, occupational therapies.
Pemikiran tentang dokumentasi keperawatan yang terkomputerisasi dibuat dalam rangka memudahkan dan mempercepat pendokumentasian asuhan keperawatan yang dibuat. Dengan system ini perawat lebih dapat menghemat waktu dan perawat akan lebih sering berada di samping pasien. Dengan dokumentasi yang terkomputerisasi ini pencatatan dapat dilakukan akurat dan lengkap, (Gapko dawn yang diakses dari http://www.hhdev.psu.edu/nurs/).
             Pendokumentasian keperawatan yang tertulis (paper-based documentation) saat ini dilaporkan mutunya sangat rendah dan ini juga berdampak terhadap penerimaan public termasuk profesi kesehatan yang lain terhadap profesionalisasi keperawatan di Indonesia. Menurut Griffiths dan Hutchings (1999 dalamGapko Dawn yang diakses dari http://www.hhdev.psu.edu/nurs/), perawat yang menyatakan alasan terhadap dokumentasi yang  kurang akurat dan kurang lengkap dihubungkan dengan permasalahan seperti kekurangan staf, sensus yang tinggi, lembur kerja, dan juga kurangnya pengetahuan tentang apa yang dituliskan dalam dokumentasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar